kebun kopi pertama Indonesia

Kebun Kopi Pertama Indonesia

Awal mula datangnya kopi ke Indonesia adalah pada saat Walikota Amsterdam Nicholas Witsen yang pada kala itu memrintahkan komandan OC di Pantai Malabar, Adrian van Ommen agar membawa bibit kopi ke Batavia. Pertama kalinya untuk diuji coba dilahan pribadi Gubernur Jenderal VOC, Willem Van Outhoorn yang sekarang kawasan tersebut dikenal dengan nama Pondok Kopi, yang tepat berada di Jakarta Timur.

Kebun Kopi Pertama Indonesia

Bibit kopi ini kemudia mulai terus berkembang hingga selalu menghasilkan buah yang bisa buat dipanen. Hasil panen pertama dari kebun ini kemudian dibawa pergi ke Hortus Botanicus Amsterdam. Namun satu yang selalu disayangkan adalah penanaman yang dikerjakan di pondok kopi ini tidak berjalan lancar dan mulus.

Hal tersebut disebabkan banjir yang pada akhirnya merusak semua tanaman yang ada pada kala itu. Lalu kemudian, pada 1699 didatangkan bibit kopi baru dari tempat pengiriman yang sama. Penanaman yang dilakukan di Indonesia pun diperluas hingga ke Jawa Barat, ini juga yang memulai penanaman dilakukan dan diperluas hingga keseluruh daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Perluasan Penanaman Kopi Indonesia

Setelah banyak di tanam dan dibudidayakan di Indonesia kopi pun mulai banyak diproduksi dan diolah menjadi minuman favorit para elit Belanda kala itu. Para Biolog banyak yang mengatakan jika kopi yang ditanam dan diproduksi dari pulau Jawa memiliki kualitas dan cita rasa yang sangat unik dan berbeda dengan kopi yang mereka minum sebelumnya.

 kebun kopi pertama Indonesia

Sampai kemudian akhirnya hal tersebut membuat para ilmuan mengirim contoh kopi Jawa keberbagai kebun raya yang ada di Eropa untuk selanjurnya agar bisa ditanam dan dibudiyakan disana. Saking populer nya kopi tersebut di dunia Eropa, membuat kopi ini memiliki istilah a Cup of Java yang muncul di dunia Barat. Yang mana istilah itu juga akhirnya membuat Indonesia menjadi memiliki kopi dengan ciri khusus Kopi Jawa nya yang sangat populer.

Walaupun masih banyak kopi-kopi Indonesia yang populer lainnya seperti Kopi Sumatra, Kopi Sulawesi, Kopi Arabika. Perluasan penanaman kopi yang dilakukan dilakukan dengan sebab banjir yang kala itu melanda perkebunan kopi, yang pada akhirnya perkebunan pertama kopi tersebut tidak pernah lagi ditanami kopi. Perluasan kopi dilakukan dan dibudidayakan di wilayah Jawa Barat, Pariangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *